Anda Ingin Buka Bisnis Pakaian Online? Ikuti 7 Trik Sukses Ini

Era digital seperti sekarang ini membuka kesempatan lebar bagi banyak orang untuk bisa menerjunkan diri dalam dunia bisnis. Jika dulu seseorang yang ingin berbisnis harus membuka toko, kini hal itu tidak lagi harus dilakukan dengan kemunculan internet.

Salah satu peluang bisnis online yang banyak diminati adalah berjualan pakaian. Selain cenderung mudah untuk dilakukan, kebutuhannya yang tinggi bisa membuat pelaku bisnis meraup untung yang besar.

Bagi Anda yang ingin terjun buka bisnis pakaian online, ada beberapa tips dan trik yang bisa diikuti. Berikut beberapa ulasannya:

1. Tentukan konsep

Seseorang yang sukses adalah mereka yang memiliki perencanaan bisnis yang matang dan terperinci. Rencana bisnis tidak harus panjang dan bertele-tele, namun cukup singkat dan padat. Jangan lupa untuk menentukan target pasar dan identitas dari merek pakaian yang ingin Anda angkat. Anda juga perlu memikirkan, mengapa Anda harus membuka bisnis pakaian? Mengapa orang lain harus membeli di tempat Anda?

2. Cari keunikan

Persaingan usaha kian hari semakin ketat. Untuk itulah Anda harus mampu mencari keunikan dan inovasi dari produk yang dijajakan. Keunikan akan memberikan Anda kesempatan untuk menjadi pioner dalam bisnis jenis itu. Beragam keunikan dari inovasi produk pakaian juga akan membuat konsumen semakin puas. Keunikan di sini tidak harus berarti Anda benar-benar membuat sesuatu yang baru, atau benar-benar berbeda. Tapi, bisa saja, Anda memodifikasi sesuatu yang sudah ada dan membuatnya lebih baik.

3. Temukan pemasok produk yang tepat

Ini merupakan langkah terpenting yang harus dilakukan. Pilih dan jalinlah kerjasama hanya dengan pemasok produk atau supplier bahan atau pakaian yang bagus dan dapat dipercaya. Lakukan kerjasama awal dengan beberapa supplier handal dan selanjutnya kita dapat memilih hanya supplier yang terbaik saja sebagai rekan bisnis jangka panjang. Jika Anda mengambil barang (pakaian) jadi, Anda juga tidak harus langsung mengambil dari produsen.

Untuk awalan, Anda bisa menjadi dropshiper atau reseller. Tapi jangan terlena dan terus menerus menjadi penjual dropship atau hanya reseller. Anda harus berusaha untuk segera menjadi agen atau distributor.

4. Buat trik pemasaran yang unik

Membangun sebuah strategi untuk bisnis kita tidak bisa sembarangan. Rahasia penjualan barang agar cepat menuai kesuksesan hanya cuma satu, yaitu strategi pemasaran nan unik dan kreatif.

Cobalah pikirkan kira-kira trik pemasaran seperti apa yang ingin Anda pakai. Pemasaran produk yang baik akan sangat berpengaruh pada performa penjualan produk pakaian Anda nantinya.

5. Gaet influencer

Salah satu cara agar produk Anda bisa dikenal di dunia online dengan lebih mudah yakni dengan bekerja sama dengan influencer. Apa itu influencer? Influencer adalah orang-orang atau lembaga yang mampu memberikan pengaruh kepada orang lain, biasanya karena kompetensi atau ketenarannya. Anda bisa memilih siapa saja kira-kira influencer yang cocok dijadikan kerja sama untuk membantu mengenalkan produk / usaha Anda. Dalam memilih influencer ini jangan lupa untuk selalu mempertimbangkan konsep dan target pasar produk pakaian Anda ya.

6. Bangun sistem kemitraan

Agar bisnis pakaian Anda bisa terus bisa berkembang pesat, maka Anda bisa mencoba untuk membangun sistem kemitraan (reseller). Agar tidak bingung, Anda bisa membangun sistem dengan membuat beberapa kategori kerja sama.

Misalnya, ada paket Distributor untuk mitra kerja sama dalam jumlah yang cukup besar. Lalu ada Paket Agen untuk kerja sama dalam jumlah sedang. Jangan lupa juga sediakan paket reseller untuk pembelian dalam jumlah yang kecil.

7. Berinvestasilah untuk ilmu

Gunakan waktu anda untuk mempelajari cara berjualan. Jika ada yang merekomendasikan suatu course bagus, ikutilah. Ini sangat penting. Karena, sekalipun Anda punya barang bagus, tapi tidak mampu berjualan, ya percuma.

Secara umum ada 3 sumber pengunjung di internet, yaitu : 1. Media sosial (facebook, twitter, instagram, dsb) 2. Search engine (google, yahoo, dan bing) 3. Iklan berbayar (instagram ads, facebook ads, google ads). Fokuslah pada satu saja. Anda master di adwords saja misalnya, penjualan anda pasti melejit. Berinvestasilah untuk ilmu dan fokus.

Jika Anda bingung harus belajar di mana, silakan hubungi bu Ilma (WA 08510 777 2221) untuk ikut program Belajar Bisnis Online bagi Pemula. Di program ini, Anda bisa belajar langsung di Jakarta bersama para mentor yang handal dan teman-teman yang semangat secara rutin.

Apa Komentar Anda?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.