Inilah 2 Hal yang Harus Anda Ketahui Untuk Melejitkan Bisnis Online Anda

Jika saat ini Anda kebingungan, kenapa bisnis online Anda sepi pembeli padahal Anda terus menerus melakukan penawaran, mungkin Anda harus mundur sejenak mempersiapkan 2 hal ini.

Ya, 2 hal saja, tidak banyak

1. Traffic bisnis Online Anda
2. Copywriting Anda

Kita bahas.

Tentang Traffic.

Sama seperti bisnis offline.
2 toko, sama konsepnya, sama produknya, sama harganya.
Toko yang berada di tempat yang ramai, akan mendulang omset lebih besar dibanding toko yang berada di tempat sepi. Benar toh?

Nah, bisnis online juga seperti itu, semakin banyak traffic atau prospek di media Anda jualan, akan lebih mudah dalam penjualan.

Contoh singkat studi kasus untuk WhatsApp

Jika Anda jualan lewat WhatsApp :

Perbanyak kontak Anda, minimal 1000 dan tertarget.
(Ingat, minimal dan tertarget)

Caranya? Sebar nomor WA Anda dimana-mana (kartu nama, sosmed, komunitas konsumen dan lain-lain)

Bagaimana caranya mereka mau berteman dengan Anda jika kita tidak menyebarnya.
Sampai sini bisa dipahami?

Saat menyebar.

– Deskripsikan usaha Anda dengan singkat, dan semenarik mungkin, ingat, jangan terlalu panjang.

– kasih Gratisan (Free produk, Spesial DISKON, VOUCHER, dll)

Kontrol traffic Anda, sering-sering berhubungan dengan mereka. (Jangan Spam dengan pesan promosi melulu, kalo mau kirim pesan, yang bermanfaat kayak gini, hehe )

Penjualan terjadi bisanya setelah 6 kali komunikasi, kalo gak pernah komunikasi, gimana mau jualan

Memang banyak traffic belum tentu banyak yg beli, tapi sedikit trafficnya, sedikit juga yang beli, hehe.

Jadi, Fokus pertama mendatangkan Pengunjung (traffic).
Jangan puas dengan kontak Anda, tambah terus

Paham?

Teknik ke pertama sudah saya bahas.

Lanjut kedua, copywriting

Jadi begini.

Menjual dengan tulisan itu sekilas terdengar mudah. Cantumkan informasi fitur, manfaat, harga, dan cara untuk melakukan pembelian… selesai.

Tapi apa yang terjadi selanjutnya?

Tidak ada orang yang mau membeli produk/jasa Anda.

Padahal di sisi lain ada saingan Anda yang menjual produk yang SAMA PERSIS. Bedanya, dia punya lebih banyak pembeli.. dan pembelinya sangat antusias dengan barang yang dijual.

Mengapa bisa begitu?

Apakah mereka menggunakan jin?

…mungkin. (Eh)

Tapi bukan jin seperti di iklan 76, hehe

Melainkan suatu teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain untuk membuat mereka — bukan hanya “ingin” membeli — tetapi “harus” membeli.

Paham?

Teknik itu disebut Teknik Menulis Copywriting.

Copywriting ini sebuah ilmu, dan ilmu bisa dipelajari.

Copywriting adalah teknik menyusun tulisan agar si pembaca TERARAHKAN MELAKUKAN apa yang diinginkan penulis.

Wow.. Wow.. wow

Tapi dalam hal yang positif yah.

Dan ketika dipakai dalam penjualan. BOOM !!! Jangan kaget kalo Anda bisa banjir orderan. 🙂

Saya sering memakai teknik ini dalam penjualan saya, dan alhamdulillah transaksi berjalan lancar ^^
(Happy Selling)

Copywriting ini ilmu nya BUANYAAAAKKK SEKALIII, dan saya yakin tidak akan habis dibahas dalam artikel saja.

Untuk itu saya Share teknik yang bisa langsung Anda pakai di promosi Anda ya.

1. Mulailah dengan Headline yang SUPER MENARIK

Headline itu judul Iklan Anda.
Headline adalah kalimat yang dibaca pertama kali oleh prospek Anda.

Mana yang lebih menarik :
Studi kasus : Menjual Buku Bisnis

-> DIJUAL BUKU BISNIS

Vs

-> Inilah Rahasia Mendapatkan Penghasilan 10 Juta/bulan.

Hayooo?

Kemungkinan besar orang lebih tertarik dengan yang kedua

Masih tentang headline.

Penelitian mengatakan, agar iklan Anda dibaca, buatlah calon pembeli terkesan dalam 8 detik pertama

Maka dari itu jangan sembarangan membuat headline iklan Anda.

Harus menarik dan emosional, hehe

Headline = iklan nya iklan Anda.

2. Pola AIDA

Masih soal copywriting.

Bagi yang bingung harus nulis apa, coba pakai pola ini.

A = attention
I = interest
D = Desire
A = Action

Attention
Awal Tulisan Anda harus menangkap perhatian mereka.
– Gunakan pendekatan, hai, perkenalkan diri, dan lain-lain.
– Ceritakan bahwa Anda paham masalah utama mereka dan Anda punya solusinya
– buat mereka berfikir “Ah, itu gua banget”

Interest
Setelah Anda mendapatkan perhatian mereka, Selanjutnya, buat mereka tertarik dengan apa yg Anda bawakan.
Untuk memancing interest mereka, sediakan
– Informasi/fakta
– Statistik
– Studi kasus
– Kondisi idealnya
– Alasan

Desire
Dalam tahap ini Anda akan membuat mereka sangat-sangat-sangat menginginkan produk/layanan anda.
Di sini kita akan lebih banyak bermain dengan emosi dan logika.

Caranya:
– sebutkan manfaat produk Anda
– pancing emosi negatif dan berikan solusi
– yakinkan mereka, solusi Anda adalah yang terbaik, kasih testimoni dan Diskon jika perlu.

Action
Terakhir, sering disebut CTA, call to action
Ajak mereka untuk mengambil tindakan.
Apapun tindakan yang anda inginkan (membeli produk, mendaftar, membuat akun, mendownload, mengirim email, menelepon) ungkapkan di bagian ini.

Silahkan gunakan pola AIDA ini dalam penawaran Anda ^^

3. SANGAT PENTING

copywriting Anda tidak akan berhasil, jika Anda melupakan hal ini.

– target market harus tepat
– Anda harus mendapatkan kepercayaan calon pembeli
– bahasa Anda saat menawarkan, usahakan antusias tapi sopan, dan
– timing Memasarkan harus pas.

Silahkan terus menerus berlatih, semoga ini bermanfaat untuk Anda 🙂
Semoga bisnis Anda terus bertumbuh.

Apa Komentar Anda?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.