Memaksimalkan Repeat Order

Begini,
Jualan gak mesti mencari pelanggan baru terus-terusan.

Jika produk Anda adalah produk yang konsumtif, atau bisa juga Anda memiliki produk lebih dari 1 macam. Maka repeat order atau pembelian ulang wajib ada dalam target penjualan Anda.

Sebelum berlanjut, Saya ingin Anda membayangkan enaknya ada aktivitas repeat order.

Orang yg membeli 1 kali sebutannya adalah buyer.
Orang yang membeli lebih dari 1 kali adalah customer.
Orang yg membeli berkali kali sebutannya Fans.

Bayangkan jika Anda memiliki banyak customer? Anda dijamin tidak paceklik pendapatan.

Apalagi jika ada fans yang loyal terhadap produk Anda. Jangan ditanya, setiap ada produk terbaru mereka siap membeli.

Bukan Anda lagi yang mengejar pembeli. Tapi pembeli mengejar Anda.

Faktanya, membuat pembeli membeli ulang, itu usahanya 6x lebih mudah dari mencari pembeli baru lho 😀

Jadi, selain fokus mencari pelanggan baru, fokuslah pada aktifitas repeat order juga ya.

Nah, Bagaimana caranya?

Pertama, pastikan buyer Anda mendapat pengalaan memuaskan saat belanja.

Orang hanya puas jika mendapatkan lebih dari ekspetasinya.

Lalu, sebisa mungkin Anda.
– Fast respon
– Ramah
– memberikan bonus jika bisa
– memanggil namanya
– meminta maaf jika ada komplain
– mengatakan terimakasih
– memberikan emot senyum dalam percakapan

Pastikan materi yang pertama Anda lakukan, jika tidak teknik-teknik berikutnya tidak akan berguna.

Kedua, berikan voucher dengan tengat waktu.

Potong keuntungan yang Anda dapatkan. Misal Anda untung 50ribu. Potong setengahnya.

Kebiasaan orang-orang terutama wanita, tidak akan menyianyiakan voucher yang mreka dapatkan.

Walaupun untung berkurang. Anda tetap untung juga, hehe.

Ketiga, sapa dengan tujuan Follow Up

Jangan jadi penjual hit dan run.
Setelah jual langsung cuek.

Simpan database pembeli Anda. Sapa mereka apalagi dihari raya, berikan edukasi rutin, kabari jika ada diskon intinya bangun hubungan.

Paham?
Sip! Praktek ya. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *