Materi 7: Pilihan Taktik Promosi Yang Cerdas Untuk Usaha Anda

Gimana kabarnya? 🙂
Seperti biasa, setiap Xxxxxx dan Xxxxxx malam, insyaAllah Saya akan mengirimkan materi2 edukasi via broadcast ke Anda.
Gak terasa program ini sudah hampir sebulan.

Nah, utk malam ini, sebelum Saya mulai materi, Saya ingin bercerita dulu. Boleh? 🙂

Banyak orang chat Saya, bertanya “Mas Jualan Saya lesu, gimana cara naikin-nya?”

#tepokjidat.
Saya jawab, maaf mba, Saya bukan dukun. Hehe

Si mba menjawab.
“Lho, katanya Free Tanya Jawab Bisnis !!”

Saya lanjutkan.
Gini mba, gimana Saya mau kasih solusi. Saya kan gak tau bisnis mba apa. Karena beda bisnis, beda solusinya 🙂

Mbanya respon
“Oh iya juga, hehe”

Begitulah, kalau paham dunia Coaching bisnis.
Taktik promosi tergantung jenis bisnisnya.
Beda bisnis, beda taktik.

Kebetulan Saya sudah buat contekannya.

Bisnis Anda apa?

Mau TAU Taktik promosi yang tepat?

 

Oke, seperti yang Saya katakan sebelumnya, taktik promosi tergantung jenis bisnisnya.

Jenis bisnisnya berbeda, beda taktiknya.
Karena setiap bisnis punya pola khusus.

Pola di bisnis A, tidak bisa langsung digunakan di Pola bisnis B. 🙂

Nah, ini rangkuman dari Saya.

Kalau jenis bisnisnya adalah makanan.
Taktiknya bukan diskon, tapi paket.
Buat harga paket.
Promosikan dg gambar, foto, kemasan yang menggoda. Kalau perlu sewa profesional.
Mainkan Bukti sosial, tunjukan testimoni positif dari orang2 yg pernah mencicipi produk tersebut

Kalau di bidang fashion,
Mainkan endorsement, minta influencer mempromosikan produk tersebut.
Kasih gambar yang nohok, elegan, mentereng, meyakinkan.
Di bidang ini, cocok promosi dengan harga coret atau diskon.

Dibidang kesehatan. Tunjukan testimoni, khasiat, waktu pencapaian.

Dibidang edukasi, mainkan customer journey, dari gak tahu produk, jadi tahu.
Promosikan dg teknik Funneling, alias bertahap.
Miliki Authority, karena di bisnis ini, gak penting produknya, yg penting siapa penjualnya.

Di bidang produk digital, taktiknya Market Centric.
Fokus ke siapa target pasarnya dan apa yg mereka perlukan.

Di bidang Networking, fokus di PDKT.
Cara pendekatan salah, gagal menjual.

Di produk esklusif seperti Mobil, Property, dll.
Mainnya di Event dan Komunitas.

Di bidang Travel, fokusnya ke membership, dan differensiasi.
Fokus di satu pasar yg mau digarap, pasar lainnya hanya bonus saja.

Selain diatas, ada banyak jenis bisnis yg tidak bisa Saya sebutkan satu2.
Tapi intinya, sesuaikan taktik promosi Anda dengan target pasar. Jangan asal menggunakan taktik, pilihlah yang benar-benar berdampak pada peningkatan omzet Anda 🙂

semoga ini bermanfaat untuk Anda.

setulus hati saya doakan agar bisnis Anda semakin baik dan pelanggannya semakin banyak. aamiin. 🙂

Anda Mungkin Suka...

Tulisan Populer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *